VISI SEKOLAH
"Terwujudnya Peserta Didik yang Berakhlakul Karimah, Berprestasi, Berkarakter dan Berbudaya Lingkungan "
Rumusan dan Indikator Visi
BERAKHLAKUL KARIMAH
- Peserta Didik dapat menunjukkan sikap; disiplin, hidup bersih, ramah, sopan santun, syukur nikmat, hidup sederhana, rendah hati, jujur, rajin, percaya diri, kasih sayang, taat, rukun, tolong menolong, hormat dan patuh, sidik, amanah, tablig, fathanah, tanggung jawab, adil, bijaksana, teguh pendirian, dermawan, optimis, qana’ah dan tawakal).
- Peserta Didik dapat menghindari akhlak tercela (madzmumah) yaitu ; hidup kotor, berbicara jorok/kasar, bohong, sombong, malas, durhaka, khianat, iri, dengki, membangkang, munafik, hasud, kikir, serakah, pesimis, putus asa, marah, fasik dan murtad).
- Peserta Didik dapat menunjukkan sikap adab terhadap diri sendiri (adab mandi, tidur, buang air besar/kecil, berbicara, meludah, berpakaian, makan, minum, bersin, belajar, dan bermain).
- Peserta Didik dapat menunjukkan sikap Adab terhadap Allah, ( adab di masjid, mengaji dan beribadah).
- Peserta didik dapat menunjukkan sikap Adab kepada sesama, ( kepada orang tua, saudara, guru, teman dan tetangga). Adab terhadap lingkungan (kpd binatang dan tumbuhan, di tempat umum, dan di Jalan).
BERPRESTASI
- . Peserta didik dapat menunjukkan kemampuannya dalam berebagai kegiatan lomba baik akademik maupun non akademik di berbagai tingkatan
- . Peserta didik mampu bersaing dengan sekolah lain
- Peserta didik mempunyai rasa percaya diri dan motivasi yang tinggi dalam mengikuti lomba.
BERKARAKTER
Peserta didik memiliki Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain. (Religius).
Peserta didik memiliki rasa cinta terhadap Tanah Air ; Cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.. (Nasionalis).
Peserta didik memiliki keteguhan dalam mewujudkan apa yang dipandang baik dan kesetiaan merupakan dasar penghormatan atas komitmen yang dipilih. (Integritas).
Peserta didik mampu mengambil keputusan mandiri tanpa dipengaruhi oleh desakan dari pihak luar . (Mandiri).
Peserta didik mampu melakukan kerja sama / Gotong royong dalam mengerjakan suatu kegiatan atau aktivitas secara bersama-sama dan bersifat sukarela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar, mudah dan terkesan lebih ringan karena dilakukan secara bersama-sama. (Gotong royong).
BERBUDAYA LINGKUNGAN
- Peserta didik memiliki kesadaran terhadap lingkungan hidup di sekitarnya.
- Peserta didik dapat menunjukkan perilaku dan pola pandang yang positif terhadap masalah Lingkungan Hidup.
- Peserta didik mampu menjadi generasi penerus dalam masalah menjaga lingkungan hidup
Untuk mencapai Visi perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas, SD PLUS AR-RAUDHAH Kecamatan Campaka Kabupaten Purwakarta, merumuskan Misi sebagai berikut:
a) Meningkatkan keimanan dan ketakwaan Peserta didik Kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui Pengamalan Ajaran Agama
b) Membentuk siswa berkepribadian, berbudi pekerti luhur, dan Mengembangkan Akhlakul Karimah, melalui KBM dan kegiatan Pembiasaan di sekolah.
c) Meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan IPTEK.
d) Membekali siswa agar memiliki wawasan luas secara global.
e) Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik dengan mengoptimalkan kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler dan mengikuti kegiatan di berbagai lomba
f) Menumbuh kembangkan potensi kreatifitas yang dimiliki siswa melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Sekolah.
g) Menanamkan dan menumbuh kembangkan Penguatan Pendidikan Berkarakter yaitu Religiusitas, Nasionalisme, Integritas, kemandirian dan Gotong Royong melalui keteladanan, Kegiatan Proses Pembelajaran, Pembiasaan dan Ekstrakurikuler.
h) Menyelenggarakan Pendidikan berbasis Tujuh Pilar Pendidikan Purwakarta Istimewa Ajeg Nusantara, Mapag Buana, Maneuh di Sunda, Nyanding Wawangi, Nyucikeun diri, dan Betah di Imah.
i) Menciptakan lingkungan sekolah yang sejuk, nyaman, indahdan asri berwawasan lingkungan hidup
j) Menciptakan lingkungan sekolah peduli terhadap pelestarian sumber daya alam sekitar.
k) Meningkatkan upaya pelestarian lingkungan